Volunteer baru, keluarga baru!!!

Posted on

Hola fabbers! Beberapa hari yang lalu kita kedatangan keluarga baru loh,yaitu volunteer angkatan ke 6.  Kami mengadakan open class untuk para volunteer baru, biar para volunteer baru tau apa itu fablab, sejarah awal berdirinya gimana,apa aja yang ada di fablab,pokoknya semua info-info penting tentang fablab deh!

Di open class kemarin juga dikasih tau apa sih volunteer itu? Manfaat jadi vounteer apaan aja?banyak ya tugasnya? dan lain-lain. Pokoknya semua tentang fablab dan ke volunteeran itu semuanya dipaparkan secara jelas dan rinci deh, jadi sebagai volunteer kita ga kebingungan kl ditanya orang “emang fablab itu apaan?” Di fablab bisa ngapain aja?” masa volunteer gatau,kan bahaya tuh.

Nah biar lebih jelasnya kita jelasin deh isi kegiatan kemarin apa aja.

 

 

Hari sabtu tgl 29 juli kemarin,tepatnya pukul 10.00 wib di fablab bandung diadain open class buat anggota volunteer angkatan ke 6. Sekitar 85% anggota hadir sedangkan yang lainnya sedang berhalangan. Meskipun begitu acara tetap berjalan sesuai dengan rundown yang yang sudah ditetapkan. Acara dimulai dengan perkenalan para anggota volunteer senior dan crew fablab,lalu perkenalan dengan sesama volunteer baru diadakan dengan menggunakan games “siapa dia?” . Di games tersebut kita harus menghafal nama anggota beserta hobi uniknya,dari anggota pertama sampai anggota terakhir, contohnya “nama saya sabe hobi saya makan ga dikunyah”. Semua anggota harus hapal semuanya,dan itu membuat kita lebih cepat akrab.

Setelah games perkenalan selesai dan kita sudah saling kenal acara dilanjutkan dengan presentasi tentang fablab yang dijelaskan secara lengkap dan jelas oleh ka marcell,koordinator divisi marketing. Semua anggota tampak serius merhatiin presentasi,setelah presentasi selesai ada sesi tanya jawab,tapi semua anggota diem,antara diem udah paham atau diem gara” masih bingung. Tapi setelah beberapa anggota ada yang nanya dan dijelasin lagi,baru deh semuanya bener-bener paham.

 

 

Nahh biar suasana ga tegang-tegang banget karena sesi tanya jawab,akhirnya diadain games lagi nih yaitu games “komunigambar”,hampir sama kayak komunikata tapi ini pake gambar gitu. Jadi di games ini anggota volunteer akan dibagi jadi 2 kelompok,yaitu kelompok 1 dan 2. Nantinya anggota volunteer ini disuruh baris sesuai kelompoknya,terus menghadap ke belakang,ga boleh nengok-nengok,soalnya orang yang paling belakang bakalan dikasih tulisan 1-2 kata sama kakaknya terus dia harus bikin gambar sesuai sama tulisannya. Nah nanti gambar yang dia buat akan dioper ke orang yg didepannya,dan orang yang didepannya itu harus nebak itu gambar apa dan dibuat ulang versi dianya,dan cuma dikasih waktu 10 detik buat mikir dan gambar,hedehh,terus diulang ke orang berikutnya sampai ke orang terakhir dibarisan,dia ga perlu gambar cuma harus nebak aja itu gambar apa. Dan itu seru banget,beneran. Waktu di babak terakhir games, kata dari kakaknya itu “buaya buntung” tapi pas gambar sampai ke orang terakhir malah jadi “anak ayam”, kurang jauh apa coba buaya berevolusi jadi anak ayam?sungguh anggota volunteer angkatan 6 ini seniman-seniman yang berbakat sekali hahaha :”) . Dan kali ini skornya seri,ga ada yang menang, karena emang gaada yang berhasil nebak satu pun wkwk.

Abis seru-seruan di games, kita lanjut acaranya ke presentasi lagi tapi presentasi tentang ke volunteeran yang di jelasin oleh ka Al, manajer fablab. Weitss jangan tegang, walaupun manajer, doi ini orangnya asik banget loh, kita dijelasin tentang apa itu ke volunteeran secara jelas dan santai, setelah presentasi selesai lanjut ke sesi tanya-jawab,satu-satu anggota volunteer ditanya “kamu kenapa mau jadi volunteer?” Yaa kebanyakan sih jawabnya “pengen nambah pengetahuan ka,mau ngisi waktu luang ka biar bermanfaat,nyari jodoh ka! Eh nyari temen,nambah pengalaman juga ka” dan lain-lain. Padahal keuntungan dari menjadi volunteer tuh masih ada banyak loh,dan semua itu dijelasin sama ka al sampe kita mangap-mangap,mangap gara-gara ga ngerti? Yaa engga lah, maksudnya karena saking banyak keuntungannya jadi tertakjub-takjub gitu ceritanya *oke ini lebay*siap revisi ka.

 

Muka-muka anggota udah mulai kusut lagi,mungkin di sesi tanya jawab tadi ada yang ditanyain soal jodoh, nahh saat nya games lagi! Kok open class maen games mulu sih?open games kali ini mah. Yehh biar ga tegang,makanya dibawa hepi-hepi aja. Games kali ini adalah games “komuni gerak” ,games ini ga pake gambar tapi kita yang harus gerak meragain tulisan yang dikasih kakaknya. Masih dengan kelompok yang sama,salah satu anggotanya dipilih buat meragain kata-kata dari kakaknya,sedangkan yang lain harus nebak gerakannya. Gamesnya masih terbilang gampang soalnya kata-kata yang dikasih ga ribet kayak “rumah sakit” atau cuma “lebah”. Coba kalo kakaknya ngasih kalimat “buaya berjemur di rawa-rawa lalu berkelahi dengan suku viking demi memperebutkan persib”, bisa guling-guling dilantai tuh anak yang meragain wkwkk. Nah digames ini hasilnya seri, karena semuanya betul jawabnya,tapi karena sama-sama betul semua jadi   gaada yang dapet hadiah.

Setelah capek main games, semua anggota volunteer baru dikasih kertas buat ngisi feedback serta kesan dan pesan tentang acara open class hari ini, ternyata yang mereka isi bukan cuma kesan pesan, tapi ada yang malah curhat panjang lebar gara-gara belum sarapan.

 

Abis numpang curhat di kertas kesan pesan,semua anggota volunteer, yang baru dan yang lama serta crew-crew fablab berfoto bersama. Sekedar info,sesi foto di fablab tuh penting banget loh, walaupun udah pada bubar tapi belum foto,itu pasti bakalan dikumpulin lagi buat foto bersama,keren. Nahh setelah foto-foto,acara yang paling ditunggu tiba juga,ishoma!! Kita disediain makanan ringan loh,lumayan buat bikin perut geli-geli dan muka pucat karena belum sarapan bisa bersinar kembali *oke ka ini lebay lagi*

Ishoma berlangsung selama satu jam,tepat pukul 2 siang semua anggota volunteer berkumpul lagi dan lanjut games lagi biar makanan tadi siang cepat dicernanya. Games yang ketiga ini namanya “teka teki sulit”. Sama kayak teka teki silang biasa,ada yang mendatar dan menurun,cuma yang bikin beda adalah jawabannya yang rada diluar dugaan. Contoh nih ” sapi kambing kerbau sama-sama kalo makan…” yaa semua juga tau kan ya kalo mereka makannya rumput,tapi ternyata jawabannya “nambah”. Oke siap,sesuai judulnya ini teka teki sulit. Tapi ternyata di games ini kelompok 1 menang karena berhasil menjawab 2 pertanyaan dan mereka bakalan dapet hadiah (tapi nyusul wkwkk)

 

Abis hepi menang di games tadi,ternyata masih ada sesi lagi nih yaitu “meet and greet with founder”,seketika pada tegang semua mukanya wkwkk. Yaiyalah tegang,ketemu foundernya fablab bandung oii. Tapi ternyata ga perlu tegang,karena Pak Hengki dan Pak King selaku founder dari fablab bandung ini ternyata orangnya ramah banget,kita dipanggil namanya buat perkenalan terus ditanya tau fablab dari mana, setelah itu dijelasin secara rinci awal mula mereka bikin fablab bandung ini, dan sebagainya. Mereka ngomongnya santai banget,ga berasa kalo mereka ini founder loh tapi jadi kayak temen buat saling sharing, pokoknya keren deh.

Nah setelah sesi meet and greet bareng founder,acara selanjutnya adalah break sebentar buat ngerileksin badan gara-gara duduk kelamaan. Badan udah santai,kita lanjut ke kumpul bareng divisi masing-masing buat ngomongin tugas dan kewajiban perdivisi,oiya dan sekalian atur jadwal hadir ke fablab. Volunteer emang orang yang suka rela buat ngebantu tapi jangan lupa,volunteer di fablab harus jadi volunteer yang bertanggung jawab sama komitmen yang udah dibuatnya,salah satunya ada dengan hadir 2x seminggu. Jadwal fleksibel asal jangan tiba-tiba ngilang kayak ditelen bumi.

 

Setelah kumpul perdivisi selesai maka acara open class pada tgl 29 juli ini selesai juga. Sampai jumpa diminggu depan saat para volunteer baru ini mulai bertugas, dan jangan lupa gabung bersama fablab yaa biar bisa jadi keluarga baru juga.

Nos vemos fabbers!

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s