Pelatihan jBatik Kolaborasi Batik Fractal & FabLab Bandung

Posted on

Hai Fabbers! Sabtu tanggal 18 Maret kemarin FabLab dan Batik Fractal ngadain pelatihan jBatik nih. Dan syukur, acaranya berjalan dengan lancar. Meskipun pesertanya gak membludak, tapi pelatihan ini tetep berlangsung menyenangkan kok. Kalo Fabbers bingung, sebenarnya apa sih jBatik ini nih mimin kasih tahu. jBatik itu, software buatan Batik Fractal untuk bikin motif batik secara digital. Nah, di workshop kali ini, hasil desain motif batiknya diaplikasikan ke bahan kulit menggunakan mesin laser yang ada di FabLab. Kayak gimana keseruannya, yuk disimak!

Pelatihan dimulai jam 10.00. Peserta yang ikut pelatihan ada enam orang, termasuk dua dari FabLab. Acara dibuka oleh Ambar sebagai perwakilan dari FabLab. Ambar ngejelasin sekilah tentang FabLab, biar peserta yang belum tahu, seenggaknya bisa kenal sama FabLab. Soalnya ada peserta yang udah dateng jauh-jauh nih dari Jakarta. Setelah Ambar membuka acara dan ngasih penjelasan, pelatihan langsung diserahkan ke Pak Lukman selaku trainer dari Batik Fractal.

Pelatihan ini ada dua sesi. Sesi pertama, pelatihannya berupa materi pengenalan software jBatik, mulai dari cara menginstall, ada tools apa aja, sampai tutorial cara membuat motifnya. Setelah itu para peserta dipersilakan bikin motif sendiri. Di sesi kedua, baru deh ngelaser motif yang udah jadi yang diaplikasiin ke totebag. Tapi sebelumnya, para peserta juga dikasih tahu cara kerja mesin lasernya, dari setting file sampe bisa langsung di laser.

Dan ini hasil laser motif batiknya..

Ada testimoni juga nih dari para peserta tentang workshop kali ini. Apa ya kata mereka?

“Sebenarnya saya sudah mengenal cukup lama batik fractal dan jBatik ini. Menurut saya jbatik sangat mempermudah pekerjaan saya sebagai designer.”

Itu kata Mbak Maretha, Creative Director yang punya brand fashionnya sendiri. Kata Mbak Maretha, dia juga cukup seneng berada di FabLab karena volunteernya ramah-ramah, hehe.

Selain Mbak Maretha, ada juga Pak Diki, dosen sekaligus desainer grafis. Dia bilang, dengan adanya software jBatik ini, bikin desain motif batik jadi lebih gampang ketimbang harus pakai corel draw.

“Keren ya, canggih. Kalo saya gak salah, ini juga buatan Indonesia. Tadi juga kita sudah belajar, saya juga jadi makin tahu, ya itu sangat canggih banget.”

Pak Wahyu juga bilang, FabLab tempat yang asyik dan cocok banget nih buat diramein sama anak-anak muda.

“Fablab tempat yang asyik, buat anak muda.  Ini ada 3D printing, ada laser cutting, sekarang ada batik, menurut saya makin bermanfaat. Jadi anak muda daripada ke café, mending kesini. Nambah ilmu, nambah pengalaman, nambah keterampilan.”

Pak Diki merasa dapet banyak manfaat dari adanya software jbatik ini. Karena dari dulu ia sangat berminat untuk mempelajari batik dan kebetulan sudah ada teknologi yang mempermudah untuk membuat motif batik sendiri jadi dia merasa terbantu dengan adanya jbatik. Berbeda dengan mendesain di corel, jbatik sangat mudah untuk digunakan, karena sudah ada template motif yang dapat dimodifikasi sendiri.

Tuh, seru gak? Seru kaaan..

Oh iya, FabLab dan Batik Fractal bakal ngadain workshop yang sama lagi nih tanggal 29 April nanti. Jadi kalo ada yang mau ikutan buruan, udah bisa mulai daftar dari sekarang. Tempatnya terbatas loh, cuma untuk 20 orang. Ada diskon dan cashback juga buat pelajar. Info lengkapnya ada di poster.

Poster Batik Fractal 29 April-rev5-01
Workshop FabLab & Batik Fractal selanjutnya.

Yak itu dia cerita pelatihan jBatiknya. Sampai jumpa di workshop selanjutnya yaaa. Seperti biasa nih, waktunya foto-foto..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s