Month: February 2017

FabLab GTS #3 SMKN 6 Bandung

Posted on Updated on

Hola Fabbers! Sebelumnya FabLab Goes To School udah ngedatengin SMKN 15 Bandung, nih fotonya..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

GTS kali ini FabLab main ke SMKN 6 Bandung nih. Gak kalah sama sekolah-sekolah sebelumnya nih, temen-temen SMKN 6 juga antusias menyambut kedatangan kami. Kayak gimana ceritanya? Ini dia..

Dari jam 5.30 pagi kami, para volunteer dan crew udah siap-siap di FabLab, mempersiapkan semua keperluan presentasi. Mulai dari bahan materi yang bakal disampaikan, display karya, sampe alat-alat kebutuhan dokumentasi nih yang paling penting, hehe.. Setelah semunya lengkap, kami berangkat deh menuju SMKN 6 di Jl. Soekarno Hatta (Riung Bandung).

Ya, namanya juga jalanan pagi-pagi, gak bakal gak macet, apalagi weekday kayak gini. Perjalanan sedikit tersendat, tapi untungnya kami sampai tepat waktu. Kami sampai di lokasi sekitar pukul 7.30. Walaupun telat 30 menit dari yang udah dijadwalkan, untungnya lagi, temen-temen SMKN 6 ada apel pagi dulu, jadi kami masih punya waktu buat siap-siap.

Setelah peralatan selesai di-set, kami langsung memulai acara. Yang dibuka oleh Pak Deden, selaku Wakasek SMKN 6 Bandung. Selanjutnya, Mas Al sebagai manajer FabLab ngasih sedikit sambutan dan menjelaskan sekilas tentang FabLab. Nah penjelasan lengkapnya, baru bakal dijelasin sama Ambar, koordinator volunteer divisi Marketing.

Ambar ngejelasin dari awal sampe akhir tentang apa itu FabLab. Mulai dari siapa pendirinya, apa aja yang ada di FabLab, apa aja kegiatannya, gimana caranya jadi volunteer, dan gimana caranya jadi member. Selain penjelasan dari Ambar, FabLab juga menayangkan beberapa video untuk memberikan informasi yang lebih lengkap lagi tentang FabLab ke temen-temen SMKN 6.

Nah, kebetulan kali ini FabLab lagi ngadain kerja sama dengan Batik Fractal untuk bikin workshop membuat batik dengan cara digital. Jadi Pak Lucky sebagai founder dari Batik Fractal ikut ngasih presentasi seputar pembuatan batik secara digital dan seputar workshop yang bakal diadain di FabLab.

Setelah presentasi dari Batik Fractal, dibuka sesi tanya jawab seputar FabLab. Ada lima orang nih yang nanya, dan hampir semua pertanyaan yang diajukan seputar kevolunteeran. Wah kayaknya pada tertarik nih pengen jadi volunteer.

Semua pertanyaan sudah terjawab, sampe ke sesi terakhir yang paling disukain, yaitu foto-foto, ehehehe. Semua volunteer dan crew FabLab juga Pak Lucky berfoto bersama dengan kurang lebih 500 temen-temen SMKN 6 Bandung. Udah foto-foto, waktunya liat-liat display hasil karya yang udah dibikin oleh FabLab. Banyak yang tertarik nih kayanya. Selain lihat-lihat, mereka juga sekalian nanya-nanya lebih detail lagi tentang proses pembuatannya. Seru, kan!?

Yak karena temen-temen SMKN 6 harus masuk kelas, akhirnya semuanya bubar. Dan acara Goes To School kali ini berakhir sekitar jam 09.30 dan ditutup, lagi-lagi dengan foto-foto semua volunteer yang dateng 🙂

s_5682903733974

Advertisements

Brainstorming Angkatan 5

Posted on Updated on

Hallo Fabbers! Ketemu lagi nih dengan para volunteer baru FabLab angkatan 5. Baru aja, hari Jum’at tanggal 3 Februari kemarin kami ngadain brainstorming untuk semester ini. Banyak konsep dan ide-ide seru dari para volunteer kali ini pastinya. Brainstorming ini bertujuan mengeluarkan segala pemikiran, kreativitas, konsep project apa yang akan dibuat selama satu semester kedepan. Apa aja keseruannya? Yuk kita simak!

1

Brainstorming dimulai setelah maghrib dan dihadiri hampir seluruh volunteer baru dari semua divisi. Acara diawali dengan pembukaan oleh Thia sebagai MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari founder kita, yaitu Bapak Hengky Hidayat. Sebelum mulai diskusi, dijelasin dulu rundown acara dan bagaimana aturan mainnya, biar gak bingung, bener gak? Hehe.

 

Tapi sebelum ke acara utama, kami makan malam bersama supaya ada asupan energi dan otak nya lebih cenghar, hahaha. Setelah perut diisi, kami dibagi jadi lima kelompok secara acak, jadi gak harus sama orang-orang di satu divisi, biar makin banyak ide yang bisa mix. Pertama kami diskusi bersama masing-masing kelompok. Tiap kelompok harus membuat tiga konsep project, yaitu project mini, midi, dan maxi. Kriteria konsep ditentukan dengan tingkat kesulitan, bahan, dan budget yang bakal dikeluarin. Kalau tingkat kesulitannya sedikit, bisa termasuk konsep mini, semakin besar kesulitan dan budget nya maka termasuk konsep midi dan paling tinggi, maxi.

 

Sesi diskusi berlangsung selama 30 menit dengan serius tapi santai. Gak lupa juga diselingin dengan canda tawa dari masing-masing kelompok. Setelah 30 menit, setiap project manager yang udah ditentukan sebelumnya, satu persatu maju kedepan dan mempresentasikan konsep yang udah didiskusikan.

Macem-macem ide kreatif nan seru sudah dipresentasikan, ada yang sederhana dengan bahan seadanya, namun juga ada yang spektakuler. Jadi gak sabar ya, pengen direalisasiin. Nah, untuk mulai eksekusi project pastinya harus melewati beberapa tahap supaya konsep yang udah dipikirin lebih matang lagi dan berhasil direalisasikan dengan aman dan lancar jaya!

Apa aja tahapannya? Pertama, masing-masing grup melakukan riset referensi dan membuat sketsa semua project yang bakal dibuat. Kedua, grup mendiskusikan sketsanya ke founder Fablab. Ketiga, membuat modeling 2D/3D. keempat, grup mendiskusikan lagi ke founder. Kelima, membuat mockup atau mini design. Keenam, diskusi lagi. Nah, tahap ketujuh, kalau udah di acc dan semua detail sudah siap, baru deh dieksekusi ke bentuk aslinya.

10

Sesudah diskusi seru dan presentasi, selanjutnya sesi sharing dengan founder Fablab. Disini untuk pertama kalinya Pak Hengky ketemu dan satu persatu berkenalan secara langsung dengan volunteer baru angkatan 5. Selain memberikan motivasi, Pak Hengky juga cerita-cerita banyak tentang latar belakang beliau, dan awal mula dibentuknya Fablab. Sharing dengan founder ini sekaligus mengakhiri acara brainstorming kali ini.

Nah, itu tadi cerita brainstorming angkatan 5. Semoga semua projectnya terealisasi yaa..