Open Class FabLab Bandung, Keluarga Baru di Awal Tahun

Posted on Updated on

Hi Fabbers! Mengawali tahun 2017 ini, kami kedatangan beberapa volunteer baru angkatan 5 yang sudah melewati seleksi gelombang pertama. Dan hari Jum’at tanggal 13 Januari kemarin kami sudah mengadakan Open Class bagi para volunteer baru. Apa sih Open Class itu?

Jadi, Open Class adalah pembekalan yang dikhususkan untuk volunteer baru. Sebagai volunteer, pastinya kita harus tahu dong seluk-beluk FabLab dan mau ngapain aja di FabLab. Jangan sampe, blank dan gatahu apa-apa pas  ditanya tentang FabLab. Loh, katanya volunteer FabLab, kok gak tahu apa itu FabLab? Ya, gak? Selain itu, ada juga pemaparan tentang ke-volunteer-an, apa sih volunteer, apa tugas dan esensi dari volunteer, dan kenapa mau jadi volunteer. Karena ternyata banyak banget manfaat yang didapat dengan kita jadi volunteer, disamping sekedar mengisi waktu luang.

 

Ngapain aja sih detail nya?

Open Class dimulai sekitar jam 16.00. Walaupun gak semua volunteer gelombang 1 dateng, tapi Open Class tetep berlangsung karena banyak juga yang udah hadir. Awalnya, dibuka oleh Kak Al selaku manager FabLab Bandung. Kak Al memberikan sedikit sambutan ucapan selamat datang pada para volunteer baru, dan menjelaskan sedikit tentang acara Open Class ini. Kak Al juga memperkenalkan beberapa koordinator volunteer dan volunteer lama yang akan membawakan materi.

Setelah sambutan dari Kak Al, dilanjutkan dengan presentasi tentang FabLab Global oleh Dhita, volunteer angkatan 3. Dhita menyampaikan, seputar FabLab Global, apa dan bagaimana sih latar belakang yang membuat Neil Gershenfeld memutuskan mendirikan FabLab, yang merupakan Laboratorium Fabrikasi Digital dengan konsep open design dan open access bagi siapapun. Dibuka dengan video profil dari FabLab Berlin, selebihnya Dhita menjelaskan apa saja yang dapat dilakukan di FabLab dan apa tujuan dibuatnya FabLab.

Dari awal berdirinya FabLab pertama di tahun 2005, sekarang kita tahu udah ada seribu lebih FabLab yang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Nah kali ini Fariz, volunteer angkatan 3 yang juga Koordinator Divisi Marketing yang menyampaikan penjelasannya. Fariz memaparkan awal mula berdirinya FabLab Bandung dan mengapa dibuat di Bandung setelah sebelumnya sudah ada di Yogya dengan nama HONFabLab. Tidak dipungkiri lagi, Bandung adalah kota kreatif yang banyak terdapat komunitas kreatif didalamnya. Maka FabLab hadir dengan harapan bisa menjadi laboratorium yang dapat menyalurkan gagasan-gagasan kreatif warganya. Tapi gak cuma komunitas kreatif aja yang bisa berkreasi di FabLab, namun siapa aja dengan latar belakang apa aja bisa banget kok bikin sesuatu di FabLab.

Lanjut lagi, setelah Fariz dengan penjelasannya tentang FabLab Bandung, sekarang giliran Teh Ambar selaku HR yang pernah magang di FabLab, memberikan pengarahan tentang tugas dan fungsi volunteer di FabLab Bandung. Ada empat divisi volunteer di FabLab Bandung, antara lain: Divisi Program & Event, Operasional, Marketing, dan Divisi Multimedia & Dokumentasi. Kesemua divisi itu dijelasin satu-satu sama Teh Ambar, apa tugas dan fungsinya, kekurangan dan kelebihannya, juga kendala-kendala apa yang biasa dialami volunteer di masing-masing divisi.

p1133394

Last but not least, Kak Al juga memberikan pembekalan tentang ke-volunteer-an berkaitan dengan apa itu volunteer, apa esensinya dan kenapa kita disarankan terlibat di kegiatan ke-volunteer-an. Gak cuma dapat memperindah CV kita nanti, dengan menjadi volunteer, banyak banget benefit yang bisa kita terima. Sifat volunteering yang suka rela, bukan berarti kita sama sekali gak akan dapet apa-apa, justru bahkan sebaliknya. Jadi volunteer pastinya dapat melatih kepekaan sosial kita. Sebagai makhluk sosial kita butuh menyeimbangkan kebutuhan hidup. Selain kebutuhan fisik, juga kebutuhan psikologis. Dengan terlibat dalam kegiatan volunteer, kita diasah untuk bersimpati dan empati terhadap lingkungan sekitar. Disitulah kita akan mendapatkan pembelajaran tentang hidup yang lebih dalam. Dan gak hanya mengukur segala sesuatu dari materi (Asik!).

p1133353

Sebagai penutup, Kak Al juga memberikan motivasi kepada para volunteer baru agar bisa memberikan kontribusinya, berkolaborasi, dan berkarya bareng di FabLab Bandung. Ssssstt! Dan satu lagi yang paling penting nih, menjadi volunteer dengan title nya yang sukarela, bukan berarti kita bisa seenaknya memberikan kontribusi. Dari komitmen yang sudah kita buat, disitu kita juga bisa menilai kredibilitas dan integritas diri kita sendiri. Yang nantinya pasti berguna untuk hidup kita kedepannya, bener gak?

p1133409

Okay! sampai jumpa di FabLab Bandung dengan keluarga baru kami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s