Meeting & Gathering FabLab Bandung @ Desa Malasari, Cimaung

Posted on Updated on

Bandung – Siapa sih yang nggak tahu apa itu Makrab? Makrab adalah acara yang diadakan oleh mahasiswa atau komunitas untuk mendekatkan Volunteer baru (junior) dengan Volunteer lama (senior). Walaupun pada awalnya acara ini sudah lama diusulkan oleh para Volunteer sebelumnya, tetapi pada akhirnya, acara ini dapat direalisasikan oleh Volunteer angkatan 4 yang mengusung nama “Meeting & Gathering FabLab Bandung”, dengan tema “Kebersamaan dalam Kesederhanaan”. Seperti apa sih serunya Makrab pertama kita ini?

Petualangan Makrab kami diadakan dua hari, dari hari Sabtu 10 Desember hingga Minggu 11 Desember 2016, dan berlokasi di desa Malasari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Letaknya yang berhadapan dengan sungai Cisangkuy-Ciherang, dengan pemandangan sawah dan pegunungan yang terhampar di sekitarnya menjadi tempat yang asyik untuk mengadakan Makrab. Selain itu, berkat kerja keras dari koordinator Volunteer Program & Event, yaitu Thia, kami akhirnya mendapatkan tempat menginap yang nyaman.

Yang ikut Makrab ini nggak sedikit, lho! Ada sekitar 16 orang yang bergabung, termasuk para Volunteer lama dari angkatan 2 dan 3. Sebelum perjalanan dimulai, kami mendengarkan terlebih dahulu pengarahan dari Pak Hengky, founder FabLab Bandung yang turut mendukung acara kami. Lalu kami mulai perjalanan menggunakan dua angkot yang kami sewa.

Selama di perjalanan kita tidak terlepas dari kendala. Kami sempat terhalang macet di beberapa tempat, angkot ke-2 yang tertinggal jauh, kepanasan, dan bahkan salah mengambil rute jalan. Tapi semuanya terbayarkan ketika kami sampai kawasan desa Malasari, di mana terdapat pemandangan indah. Seperti sawah yang membentang luas, pegunungan tinggi yang terlihat dekat, dan udaranya yang sejuk.

Setelah kurang lebih dua jam perjalanan, akhirnya kami sampai di rumah tempat menginap di desa Malasari, disusul oleh Angkot kedua yang sempat tertinggal. Rumah milik keluarga Pak Asep yang disewakan ini nyaman dan cukup luas. Di depan rumah, kami bisa langsung melihat pemandangan pegunungan dan sungai yang membelah sawah yang terhampar luas.

Malam telah tiba, saatnya makan malam! Kami pun berbagi tugas untuk menyiapkan makan malam menjadi dua; yang memasak dan menyiapkan makanan di dapur serta yang menyiapkan ayam dan jagung bakar di luar rumah. Para Volunteer antusias untuk saling bergantian menyiapkan makanan. Tak perlu waktu lama, akhirnya kami bisa menyantap makan malam yang lezat bersama-sama.

Makan malam yang lezat telah disantap, tapi masih ada acara lagi! Para Volunteer memberi kejutan untuk Mas Alad, selaku Manager Fablab Bandung yang November lalu berulang tahun.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Happy Birthday Mas Al!

Di malam ini dilanjutkan dengan sesi sharing, di mana semua Volunteer saling berbagi cerita dan uneg-uneg mereka. Walaupun malam semakin larut, kebanyakan dari kami tetap bangun sambil bermain games-games kecil, ditemani Cuangki panas nan nikmat.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Keesokan harinya, di pagi yang cerah kami awali hari dengan jalan-jalan sehat menelusuri jalanan desa Malasari yang masih hijau dan tentram. Kami juga berkunjung ke tempat ketua Yayasan Darmayanti, yayasan yang mengelola SMP dan SMA Darmayanti di desa Malasari.

Mengingat waktu yang terbatas, dan masih ada kegiatan yang harus kami lakukan, kami pun kembali ke rumah untuk sarapan Nasi Goreng buatan para Volunteer. Baru setelah itu kami berangkat menjelajahi sungai Cisangkuy-Ciherang yang tak jauh dari tempat kami menginap. Main games kecil, mandi di tepi sungai, berfoto, dan kegiatan lainnya.

Menjelang siang, saatnya kembali dan bersiap-siap untuk perjalanan pulang. Kami sangat berterima kasih kepada para Volunteer; baik yang lama, nonaktif, maupun yang baru yang telah meluangkan waktunya untuk bergabung dan merealisasikan Meeting & Gathering FabLab Bandung 2016, kepada mas Alad yang telah membimbing kami selama di FabLab Bandung, kepada Pak Hengky dan Pak King selaku founder FabLab Bandung, khususnya Pak Hengky yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi kami, serta kepada keluarga Pak Asep yang telah menyewakan rumahnya untuk kami singgahi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sampai jumpa di Meeting & Gathering berikutnya! See you next time!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s