FabLab Bandung di Toys and Games Republic MARK VI

Posted on

Hai Fabbers! Weekend yang lalu kita menghadiri pameran Toys and Games Republic MARK VI Bandung. Berikut ceritanya.

Pameran yang berlangsung di ruang parkir P1 Trans Studio Mall Bandung ini dihadiri puluhan komunitas, dari mainan, game hingga Cosplay. FabLab Bandung juga diundang ke acara yang berlangsung dua hari ini.

Proses loading in ke booth kami dimulai pada hari Jum’at siang, 2 September kemarin. Dibantu oleh 3 volunteer baru kita, yaitu Nisa, Kiki, Soniya dan Natasha. Bahkan Kiki juga meminjamkan mobilnya untuk mengantarkan barang ke lokasi pameran.

Barang-barang sudah dimuat, kami pun berangkat ke Trans Studio Mall Bandung pada jam 18:00 WIB. Beberapa volunteer lainnya ikut menyertai proses loading in di booth, yaitu Aditya, Fahmi, Ihya dan Kane. Menjelang pukul 21:00, proses loading in selesai, dan kami akhiri dengan makan bersama di warung terdekat.

Hari pertama pameran

Sabtu, 3 September – TGR MARK VI segera dimulai. Pameran dimulai jam 9:00 pagi, jadi kami harus datang sebelum jam itu. Ada banyak Volunteer yang bersedia menyempatkan diri untuk datang dan menjaga booth, seperti Azmil, Ihya, Helina, Fahmi, Andhita, Fikih dan Nisa. Ada juga satu orang perwakilan dari Inorobo, Adit, yang juga turut menampilkan karya Robot mereka di Stand kami.

Walaupun pameran dimulai dengan sepi, jumlah pengunjung perlahan-lahan menjadi ramai seiring dengan semakin siangnya hari. Semakin banyak pula yang berkunjung ke booth kami. Mesin 3D Printer yang kami bawa tentunya tak hanya menjadi pajangan, tapi juga demonstrasi secara langsung proses 3D Printer, yang akhirnya menjadi salah satu daya tarik booth kami.

Semakin siang, semakin banyak yang penasaran dengan booth kami. Satu persatu akhirnya datang dan mampir untuk bertanya berbagai macam hal soal FabLab. Tak sedikit dari mereka yang antusias dengan FabLab. Bahkan ada beberapa dari mereka yang tertarik menjadi Volunteer atau Member. Dari para Volunteer pun cukup sibuk menjelaskan para pengunjung.

Di sore hari kita kedatangan Founder kita Pak King, yang mengadakan event dadakan “Make Your Character Real”, lomba sketsa karakter yang nantinya sketsa pemenang akan dibuatkan versi 3D-Printed-nya secara langsung di pameran. Ide yang dadakan, tapi bagus.

Pameran dari hari pertama ini berlangsung hingga jam 21:00. Kami sempat kewalahan ketika ingin melakukan penutupan booth, karena masih ada banyak pengunjung yang datang. Kami juga harus menunggu para partisipan lomba untuk mengirimkan karyanya. Dengan tersisa tiga orang Volunteer – Ghifari, Ihya dan Helina, kami berhasil menyelesaikan penutupan booth di pukul 21:30.

Hari kedua (terakhir) pameran

Minggu, 4 September 2016, pameran TGR VI semakin ramai pengunjung. Antusiasme membludak. Untungnya, masih ada Volunteer yang bisa datang untuk menjaga booth, yaitu Fariz, Azmil, Aditya dan Ihya. Juga Adit dari Inorobo yang terus mem-backup kami di saat-saat genting.

Sebelum pameran dimulai, kami menyiapkan sebuah pohon kayu dengan dedaunan berbentuk hati. Setiap pengunjung dipersilahkan untuk menuliskan nama, nomor telepon dan pesan maupun kesan di daun hati tersebut. “Pohon tamu”, sebutan kami. Jauh sebelum pameran dimulai kami membuat 86 daun hati. Di hari kedua pameran, tinggal tersisa 6 buah.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Untuk lomba sketsa karakter, di hari sebelumnya ada empat sketsa terkumpul, dan dipilih satu pemenang untuk sesi pertama. Namun di saat bersamaan, mesin 3D printer kami bermasalah. Harus gimana, dong?

Jadi, pada akhirnya kami melakukan kolaborasi dadakan dengan Adaide, penyedia jasa dan distributor mesin 3D printing yang kebetulan juga membuka booth di pameran. Dan juga dengan bantuan Yosefin Limanjaya dari Ark Studio yang membuat 3D model dari sketsa. Akhirnya pemenang sesi pertama mendapatkan karyanya dalam bentuk 3 dimensi, dan mendapatkan gratis member FabLab Bandung selama 1 tahun.

Masa pengumpulan sketsa pun kami perpanjang hingga pukul 21:00. Partisipan pun berdatangan mengumpulkan karyanya, dari sosial media hingga langsung di tempat. Ada sekitar 13 sketsa yang telah kami terima. Anda bisa mengikuti voting untuk pemenang ketiga yang sedang berlangsung di sini.

Seperti hari pertama – semakin malam, semakin ramai.

Pukul 21:00, Toys and Games Republic MARK VI resmi ditutup. Saatnya loading out! Kami sangat berterima kasih kepada para Volunteer yang telah berusaha untuk tetap hadir dan berkontribusi di pameran ini.

Oya, 22 September – 24 September FabLab Bandung akan tampil di pameran MGT Community Fair di MTC Bandung! Ayo, datang dan ikut ramaikan ya!

Stay tuned for our updates dan, see you next time!

Advertisements

One thought on “FabLab Bandung di Toys and Games Republic MARK VI

    […] demonstrasi 3D modelling oleh Yohanes Limanjaya dari ARK Studio, yang sempat membantu kami di TGR MARK VI lalu. Ia menjelaskan beberapa hal dasar bagaimana cara melakukan 3D Modelling kepada para […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s