Material Redefined Workshop

Posted on

IMG_0452

By : Debby Azra Aditya

Pada tanggal 27-28 Februari kemarin, FabLab Bandung mengadakan sebuah workshop kolaborasi dengan studio Hiji bertajuk “Material redefined workshop”. Pada hari pertama, peserta workshop diberikan presentasi oleh pihak Abadi Indorona, mengenai bahan yang akan dieksplorasi. Mengusung tema ‘The Future of Nature, para peserta workshop diberikan informasi mengenai bahan-bahan yang berasal dari material kayu veneer untuk diolah sedemikan rupa hingga menjadi suatu karya yang indah atau menjadi sebuah bahan baku pembuatan karya lainnya.

Setelah menerima informasi mengenai bahan-bahan yang akan dieksplorasi, para peserta workshop diberi sebuah demonstrasi mengenai cara menempelkan lapisan bahan tersebut dengan mesin vacupress. Apa itu vacupress? Vacupress adalah teknologi vakum yang efisien, sederhana, dan terjangkau untuk bahan veneer. Prinsip teknologi vakum yang digunakan adalah menghilangkan udara keluar dari bagian veneer yang tertutup. Ketika vakum dinyalakan, tekanan atmosfir menahan tekanan di dalam vakum. Udara ditarik keluar dari sel-sel permukaaan veneer, lem tersedot ke sel-sel vakum. Karena itu, hasilnya bisa diandalkan dan konsisten.

Tidak ketinggalan, FabLab juga memberikan sebuah presentasi dan tutorial kepada peserta workshop untuk menggunakan sebuah mesin laser cutter. Lalu, apa itu mesin laser cutter? Laser cutter adalah mesin yang menggunakan tenaga laser yang sangat kuat untuk memotong suatu bahan—salah satunya adalah veneer yang dibahas di artikel ini. Dengan teknologi laser cutter, hasilnya bisa dipastikan akan lebih rapi dan teratur dibandingkan pemotongan manual.

Pada hari kedua, peserta workshop melanjutkan sebuah eksplorasi terhadap bahan-bahan yang diberikan. Dan mereka menggunakan seluruh ilmu yang telah dipelajari dari hari sebelumnya. Penggunaan mesin laser cutter pun turut menorehkan sebuah pola yang presisi pada bahan kayu veneer yang sedang dipelajari oleh para peserta. Hingga pada akhirnya, peserta workshop dapat menghasilkan sebuah karya, yang tidak hanya indah, namun bernilai tinggi karena memanfaatkan sebuah bahan yang diberikan dan diolah secara baik.

Sebelumnya telah diberi tahu bahwa tema workshop ini adalah ‘The Future of Nature’. Dari judul tema ini bisa disimpulkan tujuan workshop untuk memperkenalkan salah satu bahan alami yang dipakai untuk keanekaragaman produk yang bisa digunakan di masa depan yaitu veneer. Banyak bahan alami yang sebenarnya masih bisa dipakai, namun di beberapa negara khususnya Indonesia, pengetahuan memanfaatkan material seperti ini masih kurang. Karenanya diperlukan lebih banyak lagi workshop yang dapat memperkenalkan bahan alam yang bisa digunakan sebaik-baiknya menjadi karya seni dan bagaimana cara melakukannya.

Akhir kata, pengetahuan seperti ini sangat bermanfaat untuk masyarakat. Baik dari tua hingga muda untuk terus mengembangkan kreatifitas dan tidak terhalang dengan keterbatasan material juga alat-alat yang diperlukan untuk mewujudkannya. Di samping bahan-bahan yang umum seperti kayu, plastik, acrylic, masih banyak bahan lain yang masih jarang digunakan namun memiliki potensi tinggi untuk dapat diubah menjadi produk karya seni bernilai tinggi. Dari workshop kolaborasi FabLab dan Studio Hidji ini, dapat dibuktikan veneer adalah salah satunya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan memberi kemajuan pengetahuan yang lebih baik.

IMG_0448IMG_0418

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s