Road To Campus diawal tahun 2016

Posted on Updated on

Mengawali  tahun 2016 sekaligus memasuki semester ketiga bagi fablab dan semester genap bagi semua kampus pada umumnya. Fablab bandung kembali aktif menjalankan kegiatan Road to campus sebagai salah satu program regular kami. tepatnya dibulan januari tahun ini, 2 kampus telah kami singgahi yakni Fakultas Seni Rupa dan Design ITENAS serta Fakultas Seni Rupa dan Design TELKOM University.

Meski sudah berjalan 11 tahun dari mulai berdirinya fablab di MIT boston dan satu tahun fablab bandung berada, bahkan hingga saat ini sudah tersebar 604 fablab diseluruh mancanegara “update per-januari 2016”, namun masih banyak yang baru mengetahui tentang apakah yang disebut fabrikasi laboratorium. itu sebabnya kegiatan road to campus menjadi kegiatan regular yang bisa dianggap wajib agar semua orang khususnya mahasiswa-siswi design dapat mengetahui dan mengatasi kendala dalam hal tempat kerja ( workshop ) ataupun mesin digital ketika mengerjakan tugas maupun berkarya.

Tidak hanya dengan tujuan untuk mensosialiasikan tentang fabrikasi digital terhadap para mahasiswa dan mahasiswi, serta tak sekedar pula untuk mempromosikan fablab bandung agar bisa menarik minat keanggotaan ( membership fablab ). Disetiap semester kami juga memberikan informasi tentang kesempatan untuk bergabung menjadi volunteer fablab bandung.

Institut Teknologi Nasional atau yang lebih dikenal dengan Itenas menjadi kampus pertama yang kami kunjungi pada hari Rabu tanggal 13 januari 2016. Dengan bekal ijin Kaprodi dan bantuan Pa dedi selaku dosen, fablab bandung  Mempersentasikan diri disalah satu kelas yang dihadiri 42 Mahasiswa dan mahasiswi FSRD design product, dilanjutkan dengan penayangan Video tentang apa itu fablab dari Fablab UK dan fablab adelade Australia.

Kampus kedua yang dikunjungi fablab pada hari kamis, tanggal 21 januari 2016, yakni  Fsrd Telkom University tepatnya bertempat di Galeri dan dihadiri 59 mahasiswa dan mahasiswi design product. seperti halnya disetiap kampus, mengenai Fablab global dan fablab bandung itu sendiri menjadi hal yang wajib untuk dipresentasikan sebelum kepada pengenalan tentang mesin dan fabrikasi digital itu sendiri.

Diluar hal itu biasanya fablab bandung memperlihatkan  prototipe hasil beberapa teknik mesin laser pada media multiplek dan acrylic yaang tadinya sangat kaku ( tentunya tak bisa ditekuk ) menjadi fleksible. Dengan memperlihatkan sample tersebut diharapkan para mahasiswa – mahasiswi design product yang tidak diragukan dalam hal kreatifitas mampu meng-explorasi karya dari beragam bahan dengan beberapa teknik mesin laser ( laser cutting) menjadi sebuah produk inovasi.

Ada antusias dan semangat berkarya yang terpancar diriak para mahasiswa dan mahasiswi pada saat fablab presentasi dan demo sample product. Tentunya lebih dari harapan fablab yang tak sekedar mensosialisasikan fabrikasi laboratorium melalui kegiatan road to campus tapi juga mewujudkan visi misi menjadi sarana-prasarana edukasi design dan kreatifitas bahkan menjadi tempat lahirnya embrio inovasi masa depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s