Training Volunteer Angkatan 2

Posted on Updated on

Seperti yang telah dijanjikan pada artikel sebelumnya tentang salah satu tujuan raod to campus selain memperkenalkan Fablab juga memberi kesempatan pada mahasiswa-mahasiswi tuk gabung melalui jalur member dan jalur volunteer. untuk ke-volunteer-an itu sendiri meskipun sebagian yang berminat menjadi volunteer fablab  tidak semua hasil road to campus, kadang datang secara langsung atas ajakan teman atau sebatas mendengar adanya fablab dan langsung mendatangi fablab untuk mengajukan diri menjadi volunteer.

Volunteeer fablab diawal diberikan pelatihan terlebih dahulu itu sebabnya kami agendakan Training Volunteer yang diadakan setelah penerimaan registrasi volunteer. training volunteer kali ini ankatan yang kedua setelah yang pertama pada januari 2015. Training volunteer kali ini kami bagi 3 gelombang yakni gelombang 1 pada hari selasa tanggal 8 september, gelombang 2 pada hari jumat tanggal 11 september dan gelombang susulan pada hari sabtu tanggal 12 september 2015. adanya pembagian waktu pelatihan training volunteer karena kami sesuaikan dengan jadwal kuliah volunteer yang tentu saja wajib diprioritaskan.

4IMG_20150908_1432026ab10

Dalam beberapa hal Ada yang menarik dari volunteer angkatan 2. pertama mereka berasal dari jurusan yang berbeda, kampus yang berbeda. ada volunteer dari desain komunikasi visual Telkom dan Maranatha, ada akutansi dari UPI dan UNPAR, jurnalis dari UIN dan fisikologi dan UNJANI.  hal menarik yang kedua adalah sebagian dari angkatan 2 ini juga tidak semuanya masih berstatus siswa tapi sudah lulus dari kemahasiswaan yang sedang memulai belajar usaha sendiri ( start up ) dan ada juga yang memang sedang bekerja paruh waktu.

112IMG_20150908_131228

Meskipun dari berbagai jurusan dan latar belakang yang berbeda, namun nampak jelas dan mudah tuk dibaca betapa riak muka dan raut ekspresi mereka begitu semangat dan antusias selama mengikuti traning volunteer yang tersusun menjadi dua sesi. sesi presentasi fablab yang membahas fablab global sebagai wawasan dan profile fablab bandung yang menjadi basic knowledge volunteer. sesi teori pengenalan mesin laser cutter yang membahasa tentang cara penggunaan, bahan yang bisa digunakan serta keamanan dalam proses penggunaanya. terakhir sesi praktek mesin laser cutter yang secara langsung melatih volunteer untuk bisa menggunakan mesin tersebut sehingga ide membuat sesuatu takan terbatasi ketidakmampuan menggunalan mesin.

IMG_20150908_141007 2 (2)004

Setelah melalui masa training, biasanya fablab bandung akan menjadwalkan pertemuan para volunteer  dengan seluruh crew fablab pada agenda discuss and brainstroming project. pada agenda tersebut volunteer akan diberi kebebasan ber-ide untuk membuat sesuatu. seluruh ide akan tampung, lau di daftar urut  sesuai prioritas dengan kemungkinan besar bisa direalisasikan berdasarkan estimasi waktu dan budget. selain itu volunteer khusunya dari divisi marketing pun akan mulai aktif di kegiatan promo fablab untuk mengajak orang-orang menjadi bagian dari fablab dengan melalui membership atau keanggotaan. untuk lebih jelas mengenai keanggotaan (membership) maupun jadwal brainstroming Project tentu saja akan dibahas pada artikel berikutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s