Jalinan relasi antara Fablab Bandung dengan Honfablab Yogjakarta

Posted on

Dalam rangka mewujudkan sebuah pemahaman terhadap Fablab Charta yang digagas oleh Neil Gershenfeld pada point 1, mengengai fablab sebagai local lab dengan jaringan global. Fablab Bandung sebagai fablab kedua di indonesia berkunjung ke Honfablab Yogjakarta sebagai fablab  pertama di indonesia untuk jalinan relasi ( network ) antar sesama fablab yang keduanya mewakili dari lab lokal bandung dan lab lokal yogja. Bagi fablab bandung kunjungan silahturahmi ini bisa dikatakan juga langkah mempersatukan jaringan antar lab, karena keduanya masih dalam satu negara indonesia, sehingga suatu hal logis bila terjalin network antar sebelum menjalin relasi dengan fablab di luar negeri atau sebelum kepada global network.

_MG_1191 _MG_1192

Honfablab Yogjakarta berlokasi Jl. Taman Siswa, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Fablab Yogyakarta (HONFablab) didirikan dan dijalankan oleh HONF Foundation yang sejak 1999 berdiri di Yogyakarta dan aktif pada wilayah seni, teknologi dan sains. HONFablab berdiri sejak Juli 2011 dan aktif menjadi salah satu lab dibawah HONF yang terus menyediakan ruang bagi siapapun, untuk melakukan riset dan project. Individu atau kolaboratif. Menginspirasi penemuan-penemuan pada wilayah disain, engineering dan entrepreneur.  http://www.honfablab.org/about-2/

Saat ini Honfablab tidak hanya sebagai tempat riset dan project, tapi juga dilengkapi cafe atau fabcafe yang bisa menjadi tempat nongkrong untuk sekedar melepas dahaga atau menikmati menu makanan berat.  suasana santai dengan interior penuh warna bisa membuat pengunjung merasa nyaman menikmati menu sesuai pesanan sekaligus mengenali fabrikasi digital, karena area Cafe  digabungkan dengan lab. jika ada pepatah sambil menyelam minum air, pepatah tersebut mungkin lebih berbeda bagi  pengunjung fabcafe, ” sambil makan dan minum menyelami dunia makers di Lab fabrikasi digital ”

_MG_1206 _MG_1209

Pada saat memasuki Honfablab, selain nampak interior baragam warna, aneka barang hasil buatan sendiri, terlihat juga  pajangan-pajangan yang memenuhi setiap dinding. mulai dari beberapa produk yang bisa dibeli, dokumentasi kegiatan Honfablab dan satu bagian dinding khusus untuk memamerkan gambar/ design karya crew fablab atau member yang diberi alas berbingkai sehingga terlihat seperti pameran.

Ada satu pajangan yang menarik perhatian kami, ikon project  Honfablab yakni Prototipe  Prostheses atau purwarupa kaki palsu.Kaki palsu yang dibuat di Honfablab dikenal dengan LOW COST PROSTHESIS yang merupakan sebuah project kolaborasi antara HONF dan Waag Society, dengan tujuan menciptakan sebuah alat bantu berjalan (Prosthese) di bawah lutut yang berbasis material lokal, ergonomis, terjangkau oleh masyarakat bawah dan juga yang terpenting, sebuah alat bantu yang sangat personal bagi para pengguna.http://www.honfablab.org/category/projects/

_MG_1213 _MG_1225

Kesuksesan Honfablab dalam project LOW COST PROSTHESIS dan eksistensi Honfablab yogja sebagai fablab pertama juga menarik minat tamu dari jakarta yakni Pa Gun dan Pa Michael. kedatangan mereka ke yogja untuk bertemu mas Tomy yang menjadi penanggung jawab Honfablab menjadi tujuan yang sama dengan kedatangan Fablab bandung. Mas tomy menyambut kedatangan kami dan mengajak berkeliling Honfablab sambil menjelaskan atau menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kami.

_MG_1238 _MG_1267

Setelah “tour” singkat, kami melanjutkan perbincangan santai mengenai honfablab, memperkenalkan fablab bandung dan penyampaian wacana-rencana Pa Gun dan Pa Michael untuk mendirikan fablab di jakarta. sebagai fablab yang berpengalaman selama 4 tahun, mas tommy selaku penanggung jawab honfablab berkenan untuk berbagi informasi mengenai Honfablab dari awal didirikan sampai sedikit bocoran rencana kedepannya. percakapan santai memang tak disadari sudah memakan waktu berjam-jam dan karena masing-masing dari kami sama-sama punya agenda lain hingga terpaksa harus pamitan meskipun masih betah dan asik membicarakan tentang Fablab.

_MG_1278 _MG_1280 _MG_1286 _MG_1308

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s