Sertifikasi Program Open Class

Posted on Updated on

Sebagai langkah mengikuti standarisasi program kelas dan pelatihan, Fablab menerbitkan sertifikat untuk Fabbers yang telah mengikuti Program Open class. Seperti sertifikat pada umumnya, sertifikat dari fablab tertera pernyataan bahwa nama yang bersangkutan telah tuntas mengikuti program open class dan pelatihan di fablab pertanggal keikutsertaan.

Karena jika Sekilas mengupas pengertian sertifikat “ berdasarkan KBBI, diperoleh arti kamus dari sertifikat sebagai berikut: ser·ti·fi·kat /sértifikat/ n tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dr orang yg berwenang yg dapat digunakan sbg bukti pemilikan atau suatu kejadian: pe·nyer·ti·fi·kat·an n proses, cara, perbuatan menyertifikatkan (Sumber: KBBI Dalam Jaringan di badanbahasa.kemedikbud.go.id). “

“Dalam arti Kamus itu (arti etimologis), kita langsung melihat adanya pengertian kamus tentang kata penyertifikatan sebagai proses, cara, perbuatan menyertifikat. Dengan demikian dari kata benda abstrak (Nomina) penyertifikatan, Dengan telaah atau analisis makna Kamus dari kata sertifikasi ini dapat dipahami bahwa kata sertifikasi merujuk pada proses atau prosedur atau serangkaian proses yang merujuk pada kejadian atau peristiwa hingga (untuk) seseorang atau lembaga mendapatkan sertifikat atau piagam.”http://edukasi.kompasiana.com/2014/12/20/analisis-arti-kamus-dari-kata-sertifikasi-692740.html

IMG_20150521_132957 IMG_20150522_162921

Sertifikat open class fablab bagi fabber bisa menjadi salah satu lampiran portofolio sebagai bentuk data otentik keaktivan kegiatan non formal. Hal tersebut biasanya juga menjadi nilai tambah tentang diri mereka sendiri ketika membuat resume biodata atau riwayat hidup yang lebih dikenal dengan istilah Curiculum Vitae.

Karena di era persaingan ketat masa kini tidak cukup sekedar mengandalkan edukasi formal sebagai andalan mempresentasikan diri. Itu sebabnya Fablab memiliki misi memberikan Akses peralatan, pelatihan dan program yang memadai untuk memaksimalkan daya kreatifitas dan inovasi. Sehingga sertifikasi Fablab diharapkan memberikan point tambahan bagi para fabbers.

Sertifikasi fablab dalam hal Program open class merupakan salah satu dari beberapa sertifikasi. Itu artinya selain dari yang dibahas diatas, masih ada bentuk sertifikasi yang lain yakni; sertifikasi keikutsertaan menjadi Volunteer. Tapi lebih jelas dan detail tentang sertifikasi volunteer fablab akan dikupas di artikel yang berbeda atau pada artikel selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s