Kartu Anggota ” Id Card Fabbers “

Posted on Updated on

Sejatinya menjadi bagian dari suatu komunitas/organisasi perlu adanya bukti identitas dan dalam hal ini anggota fablab tentu saja perlu kartu identitas keanggotaanya. untuk itu fablab memberikan kartu identitas keanggotaan atau ID Card Member kepada setiap nama yang telah meregistrasikan diri menjadi anggota fablab. dengan tujuan selain sebagai identitas juga memudahkan admin fablab untuk memprioritaskan anggota ketika hendak menggunakan fasilitas.

Kartu anggota fablab itu sendiri berukuran standar seperti kartu identitas lainnya tapi kami pilih bahan aluminium karena selain daya tahan lebih lama dari kertas, dipilih aluminium juga karena bermaksud agar setiap nama anggota fablab bisa digrafir menggunakan mesin laser.

IMG_20150518_172111

Peng-grafir-an kartu anggota, biasanya dilakukan oleh Volunteer fablab tapi untuk kedepannya setiap anggota yang ikut Open Class khusunya di kelas Praktek mesin laser, diupayakan bisa mempraktekkan pelatihannya pada saat itu juga dengan menggrafir namanya sendiri di kartu tersebut. teknis ini diharapakan membuat para member lebih senang dengan hal-hal yang mereka lakukan di Fablab. apalagi di era bebas ekspresi untuk update status di  sosmed berupa gerak-gerik dan ragam mimik diri sendiri dalam bentuk photo, memahat nama sendiri menggunakan mesin laser dan mengabadikan moment tersebut tentu ada kesenangan tersendiri.

IMG_20150518_171828 IMG_20150521_140057

Seperti pepatah lama mengatakan “ setiap nama punya makna dan keindahanya “ dan bila sejenak menengok masa dahulu kala, banyak nama yang terpahat di batu atau dinding gua untuk menunjukkan ke-eksistensiannya. Namun demikian bukan berarti Fablab menyediakan batu bagi Fabber untuk mengukir namanya, apalagi mempersilahkan Fabbers menulis namanya disemua dinding ruangan Fablab. karena jika kembali ke jati diri fablab bandung sebagai fasilitas fabrikasi digital, tentu yang akan kami berikan adalah pelatihan skill dan kesempatan agar para member mengukir keindahan namanya di sebuah kartu berbahan alumunium dengan menggunakan mesin laser.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s