FABLAB BANDUNG GOES TO CAMPUS

Posted on Updated on

Segala sesuatu senantiasa ada yang perdana. Begitupula Fablab bandung sebagai sebuah workshop yang didirikan mengikuti rancangan fabrication laboratory yang digagas oleh Neil Gershenfield, untuk pertama kalinya merealisasikan salah satu dari beberapa program yang bakal digelar, yakni ; Program goes to campus atau Program kunjungan Ke Kampus.

Kampus pertama yang dikunjungi fablab bandung adalah kampus ITB fakultas Seni Rupa Dan Design yang berada di Jl ganesha no 10. FSRD itu sendiri adalah bidang ilmu/keahlian dalam perencanaan dan perancangan benda pakai/fungsional untuk memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan produk benda bagi kebutuhan manusia, yang bertolak dari kenyamanan manusia sebagai pengguna dan perkembangan prinsip-prinsip industri yang melingkupinya.

Kenyamanan manusia mencakup: kenyamanan inderawi (sensing conformity); kenyamanan fisik (ergonomics), dan; kenyamanan nilai dan makna produk (product semantics). Sedangkan Prinsip-prinsip industri meliputi: teknologi (material, mekanika, elektronika, informatika, dll.); pola konsumsi dan produksi (manajemen produksi, marketing, perlindungan hukum, dll.); lingkungan binaan (ecology, urban development, dll.) dan studi kebudayaan (material culture, lifestyle, dll.) sources: http://www.fsrd.itb.ac.id/?page_id=15

Meninjau pada cakupan edukasi FSRD, tentu saja ada keselarasan dengan Visi misi fablab untuk menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga dan berbagai instansi, dalam hal ini khususnya dengan FSRD ITB. Karena fablab itu sendiri didirikan untuk menjadi wadah kreatifitas, inovasi dan manifestasi ide kedalam bentuk produk nyata ( real Product), dengan menyediakan area kerja yang dilengkapi mesin-mesin berteknologi terbaru, beserta peralatan-peralatan dasar lainnya.

Pengenalan tentang Fablab bandung di FSRD ITB, diawali dengan penyampaian sekilas tentang fablab yang pertama kali berdiri di Negeri Paman Sam. kemudian dilanjutkan dengan beberapa fablab di berbagai negara. Historikal fablab tersebut disampaikan oleh Bapak Henky selaku Onwer dari Gusto Sign yang saat ini sebagai Sponsor utama sekaligus yang menjadi Founder fablab bandung itu sendiri. Informasi tentang fablab yang beliau sampaikan selain menyampaikan gambaran global tentang fablab, juga menitik beratkan pada blueprint konsep fablab diseluruh dunia dan butir butir yang dikenal sebagai fablab charta.

Jpeg

Setelah presentasi tentang fablab berhasil membuat mahasiswa-mahasiswi FSRD dihinggapi banyak pertanyaan, khusunya tentang bagaimana mereka bisa mewujudkan ide ide kreatifitas-nya di fablab bandung. Giliran saya menyampaikan prosuderal standar yang harus dilalui, diantaranya :

  1. Para mahasiswa atau siapapun dapat mewujudkan ide design kreatif dalam bentuk permodelan atau prototipe di fablab bisa terlebih dahulu mendaftarkan diri menjadi member. Tentang ke-anggota-an (membership) secara detail bisa dilihat pada poster membership yang diposting di facebook fablab bandung https://www.facebook.com/fablabbandung?ref=tn_tnmn maupun di twitter fablab . https://twitter.com/fablabbdg
  2. Para member yang terdaftar diwajibkan mengikuti kelas sesuai dengan mesin yang akan digunakan. Semisal ; member yang hendak menggunakan mesin laser wajib kelas mesin laser. Dikelas tersebut member diberikan materi tentang mesin, cara dan praktek penggunaanya demi kemudahan dan keamanan.

Jpeg

Semua sudah tersampaikan pada presentasi, tapi seperti biasa, ketertarikan mengetahui lebih jauh dan pertanyaan-pertanyaan tentang fablab bandung, lebih banyak ditanyakan pada saat presentasi sudah selesai. Tentu saja karena suasana santai lebih mudah untuk berbincang-bincang dibanding pada saat kelas berlangsung.

Jpeg Jpeg

Apabila dirasa kurang lengkap, maka Sekedar mengajak bahwa informasi tentang fablab akan jauh lebih jelas, jika meyempatkan diri untuk bisa langsung datang ke fablab bandung yang beralamat di Jl kopo “ dekat RS Immanuel” no 78 /Gusto Building lt 2, atau bisa menghubungi terlebih dahulu melalui no : 0828-1903-5984 / 0838-2750-5735.

Bila diperkenankan sedikit ber-optimis, bahwa keingintahuan tentang fablab tidak hanya akan lebih jelas, tetapi juga akan lebih menarik ketika meregistrasi-kan diri menjadi fabber atau fablab member. Dengan maksud, agar lebih leluasa dalam mengakses fasilitas kreatifitas fablab dan bisa mulai bereksperimen di sebuah tempat para kreator dan inovator membuat hampir segalanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s